browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Break Tepat, Makin Produktif

Posted by on December 26, 2013

Break Tepat, Makin Produktif

quote

Selama ini kita mungkin sudah mendengar kalau bekerja terus menerus, tuh, nggak bagus untuk tubuh. Selain bikin otot kaku akibat duduk berjam-jam di depan komputer, kita juga jadi sulit berpikir, tuh. Untuk menyiasatinya, tentunya kita perlu beristirahat sejenak. Namun, istirahat juga ada triknya, tuh, agar makin maksimal. Yaitu….

#Menjauh dari layar dan… bergerak
Iya, sih, kita seringkali ‘kabur’ sejenak dari pekerjaan. Tapi sayangnya, nih, kita lebih suka mengisi waktu istirahat dengan ngemil keripik sambil cek timeline twitter atau instagram. Walau selingan ini bikin otak istirahat, akan lebih efektif, tuh, jika kita menukarnya dengan menggerakkan tubuh. Misalnya, turun ke bawah untuk mengambil uang di ATM atau ke bank di gedung sebelah. Menurut studi yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine, berjalan melewati area hijau akan membuat otak lebih fresh.

#Bersosialisasi
Ben Waber, CEO Sociometric Solutions mengungkapkan kalau bersosialisasi dengan sesama pekerja sangat bagus untuk produktivitas kerja. Makanya, kita pun disarankan untuk berinteraksi dengan rekan jika sedang suntuk, baik hanya sekadar minum kopi atau saling update berita terbaru di luar pekerjaan. Makin kita happy dan kompak, pekerjaan pun makin maksimal.

#Pola 90 menit
Menurut penelitian, mereka yang istirahat tiap 90 menit sekali akan jadi lebih produktif dan efektif saat bekerja. Nah, salah satu alternatif yang bisa kita lakukan selama beristirahat adalah menenangkan pikiran seperti meditasi, yoga, atau mengambil nafas panjang! Ini efektif melepaskan stres dan meningkatkan kreativitas.

#Memaksimalkan Tidur Siang
Menurut Dr. Michael Breus, tidur siang selama 25-30 menit dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir. Jika jadwal kerja kita memang tidak terlalu padat, manfaatkan, deh, waktu istirahat siang untuk tidur sejenak.

#Liburan Regular
Sebisa mungkin, sisihkan waktu minimal satu kali setahun untuk berlibur—tergantung tingkat kepenatan kita. Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Applied Research in Quality of Life, perasaan antusias menyambut liburan akan membuat karyawan jadi lebih produktif, setidaknya selama delapan minggu menjelang cuti. Jadi semangat, deh.

Sumber: CC.


Great Day                Hug You

TIEST     MD

Posting Disclaimer Notice:
This posting is not my own creation collection. My effort is copy paste only. I got it from internet posted by someone else. I’m just saving some time for you to avoid searching everywhere. I’m not violating any copy rights law or not any illegal action which I’m not supposed to do. If anything is against law please notify me so that it can be removed.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *