browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

6 Trik Menghemat Gaji

Posted by on December 29, 2013

6 Trik Menghemat Gaji

quote

Belum sampai sebulan, kantong sudah kembang kempis. Gaji terasa nggak pernah cukup karena setiap bulan selalu saja overbujet. Eits, tenang… Selalu ada cara, kok, untuk lebih hemat. Salah satunya: jangan belanja saat lapar!

Sisihkan untuk Tabungan
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mendapat gaji adalah memisahkan bagian untuk ditabung maksimal H+3 dari tanggal gajian. Untuk memudahkan, buka tabungan yang bisa mendebet otomatis dari rekening Anda. Dengan begitu, uang untuk tabungan masa depan Anda nggak terusik.

Buat Daftar
Anda harus selalu tahu berapa jumlah pasti pengeluaran wajib setiap bulan. Yang termasuk dalam kategori pengeluaran ini adalah segala hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain jika tidak Anda bayarkan, seperti cicilan utang, listrik dan telepon, transportasi harian, bahkan uang arisan. Jika sudah menjumlahkan semua, Anda jadi tahu sisa gaji yang bisa digunakan untuk hal lain.

Bijak Memakai Ponsel
Saat ini, biaya pulsa sering kali melebihi bujet yang tersedia karena penggunaan layanan data. Biasakan untuk disiplin menggunakan pulsa dengan hanya mengisi ulang satu kali saja per bulannya. Manfaatkan beragam paket provider yang bisa mengurangi biaya menelepon, SMS, atau internetan.

Jangan Tunda Servis Kendaraan
Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, pastikan selalu menyiapkan dana untuk servis rutin. Menunggu hingga kendaraan bermasalah hanya akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaikinya. Lagi pula, jika kendaraan rusak parah, Anda pun harus keluar ongkos ekstra untuk biaya angkutan umum.

Belanja saat Kenyang
Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam JAMA Internal Medicine, orang yang belanja saat lapar biasanya berakhir dengan membeli lebih banyak makanan. Karena itu, jangan pernah belanja bulanan dalam kondisi lapar jika nggak mau keranjang Anda dipenuhi beragam camilan. Anda juga sebaiknya nggak berbelanja di saat sedih karena nggak bisa berpikir panjang apa saja yang penting atau tidak untuk dibeli.

Coba Sistem Mingguan
Maksudnya, Anda menjatah uang yang bisa digunakan per minggunya. Dalam seminggu, mau nggak mau jumlah itulah yang bisa Anda gunakan untuk segala macam keperluan. Anda baru bisa mendapat lebih jika ada sisa dari minggu sebelumnya. Dengan cara seperti ini, Anda jadi lebih bijak ketika mengeluarkan uang dan menghindari pengeluaran yang nggak penting.

Sumber: CC.


Great Day                Hug You

TIEST     MD

Posting Disclaimer Notice:
This posting is not my own creation collection. My effort is copy paste only. I got it from internet posted by someone else. I’m just saving some time for you to avoid searching everywhere. I’m not violating any copy rights law or not any illegal action which I’m not supposed to do. If anything is against law please notify me so that it can be removed.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *